RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KELAS III SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas/Semester :
III / 2
Pembelajaran 8 : Senangnya Belajar Surat al-Kautsar
Materi Pokok : B. Menghafal
Surat al-Kautsar
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI-1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah dan di sekolah
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan
perilaku anak
beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
||
1.1 |
Terbiasa
membaca al-Qur‟an dengan tartil. |
1.1.1 |
Siswa
dapat membiasakan diri membaca
Al-Qur‟an dengan tartil (A5). |
2.1 |
Menunjukkan
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al nasr
dan Q.S. al-Kausar. |
2.1.1 |
Siswa
dapat menunjukkan sikap peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Kausar (A5). |
3.1 |
Memahami
makna Q.S an-Nasr dan al-Kaustar |
3.1.1 |
Siswa
dapat Menyebutkan arti al-Kaustar (C1) |
4.1.1 |
Membaca
kalimat-kalimat dalam Q.S an-Nasr dan al-Kaustar dengan benar |
4.1.1 1 |
Siswa
dapat menganalisa surat al-Kaustar ayat 1-3 (C4) |
4.1.2 |
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S an-Nasr dan al-Kaustar dengan benar |
4.1.2.1 |
Siswa
dapat menulis kalimat dalam surat
al-Kaustar ayat 1-3 (P1) |
4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S. an-Nasr dan al-Kaustar dengan lancar |
4.1.3.1 |
Siswa
dapat menunjukan hafalan Q.S.
al-Kaustar ayat 1-3 (P3) |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik serta TPACK (Technological
Pedagogical Content Knowladge) dengan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL)
disertai metode pembelajaran tanya jawab, diskusi dan demonstrasi peserta didik
diharapkan mampu ;
§ Setelah menggali informasi dari tampilan video
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) (C) Peserta didik (A) mampu terbiasa membaca (B) Q.S al-Kaustar ayat 1 sampai 3 sesuai
dengan tajwid al Qur’an yang benar (D) (A5)
§ Setelah menggali informasi dari tampilan video
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) (C) Peserta didik (A) mampu membiasakan (B) sikap bekerja sama sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S al-kaustar ayat 1 ampai 3 (D) (A5)
§ Setelah menggali informasi dari tampilan video
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) (C) Peserta didik (A) mampu menyebutkan (B) arti dan pokok-pokok Q.S al-Kaustar dengan
benar (D) (P3)
§ Setelah menggali informasi dari tampilan video
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) (C) Peserta didik (A) mampu menganalisa (B) Q.S al-kaustar ayat 1 sampai 3 sesuai dengan makhraj
dan tajwid dengan baik dan benar (D) (P3)
§ Setelah menggali informasi dari tampilan video
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) (C) Peserta didik (A) mampu menulis (B) semua Q.S al-Kaustar dengan baik dan benar
(D) (P3)
§ Setelah menggali informasi dari tampilan video
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) (C) Peserta didik (A) mampu menunjukkan (B) hafalan Q.S al-Kaustar ayat 1 sampai 3
sesuai dengan makhraj dan tajwid yang benar (D) (P3)
D. Materi Pembelajaran
a) Pendidikan Agama Islam Dan Budi
Pekerti Buku Siswa PAI Kelas III hal
b) Video juga bisa diakses lewat link:
c)
Lampiran
E. Metode Pembelajaran
§ Pendekatan : Saintifik
§ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
Model :
Project Based Learning (PJBL)
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik
G. Media, Alat dan Sumber Belajar
§ Media
- Gambar/ Poster kalimat-kalimat al-Quran surah al-Kautsar.
§ Alat
- Laptop & Proyektor
- Kertas
§ Sumber Belajar
- Buku Guru & Buku Siswa Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas III SD/MI, Penulis: M. Kholid Fathoni dan Achmad Hasim, Kemdikbud, Jakarta, 2015.
- Juz ‘Amma dan terjemahnya
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No. |
Kegiatan |
Waktu |
1. Pendahuluan |
Pembelajaran dimulai dengan guru: 1) Mengucapkan salam dan berdo’a bersama 2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran 3) Menyanyikan salah satu lagu Nasional (Nasionalisme) 4) Menghafalkan salah satu surat pendek pilihan (
Literasi) 5) Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran dengan ( Ice
breaking) 6) Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
lebih giat belajar 7) Guru melakukan Tanya jawab (apersepsi) materi
sebelumnya dan mengaitkan pembelajaran yang dipelajari minggu sebelumnya 8) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini 9) Guru mneyampaikan tujuan pembelajaran 10) Guru menjelaskan langkah dalam pembelajaran kepada
peserta didik. |
10 menit |
2. Kegiatan
Inti Tahap penentuan pertanyaan mendasar (mengumpulkan informasi) |
Kegiatan Inti 1.
Peserta didik menyimak dan mengamati tampilan
video atau melalui powerpoint
tentang senangnya belajar al-qur’an yang disiapkan guru (Saintifik : mengamati) (TPACK) 2.
Peserta didik dan guru melakukan tanya jawab untuk
menggali pengalaman nyata peserta
didik dalam mengamati video yang ditampilkan.
Pertanyaan diarahkan pada apa yang disaksikan dan apa yang tersaji dalam
video tersebut. (Saintifik: mengumpulkan informasi) (4C: Collaboration, Critical thinking and communication) 3.
Peserta didik memahami cara Membacakan al-qur’an
di fokuskan untuk penulisan surat al-Kautsar (Saintifik : mengumpulkan informasi) |
50 menit |
Tahap mendesain perencanaan proyek |
1.
Peserta didik dibagi menjadi
5 kelompok secara
heterogen untuk penulisan surat al-Kautsar (4C: (Collaboration and communication) 2.
Setiap kelompok mendiskusikan jenis
khat yang akan di gunakan
dalam penulisan ayat surat al-Kautsar ayat 1-3 (Saintifik : Mengkomunikasikan) 3.
Peserta didik dibimbing guru mencari alternative jawaban dari peserta didik (4C : Collaboration, comunication) (Saintifik : mengkomunikasaikan dan menanya) 4.
Peserta didik mendapatkan arahan
dari guru mengenai cara kerja pelaksanaan tugas proyek (Saintifik : Mengkomunikasikan) 5.
Peserta didik secara
berkelompok mendesain penulisan al-qur’an pada surat
al-Kautsar pada lembar
kerja yang disediakan (4C: Communication, creativity) |
|
Tahap Menyusun Jadwal |
6.
Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru
mengenai waktu penyelesaian proyek dan langkah
– langkah dalam
menyusun proyek (Saintifik
: Mengkomunikasikan) 7.
Peserta didik mengamati slide power point tentang
materi mengenai takhsinul khat atau cara penulisan al-qur’an yang ditayangkan guru (Saintifik: memgamati) (TPACK) 8.
Peserta didik dan guru menyiapkan
alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan proyek
(Saintifik : Mengkomunikasikan) 9.
Peserta didik mengerjakan proyek
sesuai dengan langkah
– langkah yang telah
mereka susun bersama guru (4C: creativity, critical thinking,
Collaboration) 10. Peserta didik
melaporkan hasil proyek yang mereka buat dengan cara
menunjukkan hasil karya di depan kelas (Saintifik Mengkomunikasikan) pada teman satu kelompok (creative thinking-4C) 11. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya dan guru
memberikan bantuan jika mengalami kesulitan |
|
Tahap memonitoring peserta didik dan kemajuan proyek |
1.
Peserta didik
mendiskusikan jenis khat
yang di gunakan dalam penulisan al-qur’an surat
al-Kautsar (Saintifik : Mengkomunikasikan) 2.
Peserta didik menyampaikan pemikirannya pada kelompoknya dibantu guru memandu peserta didik (Saintifik: mengamati, menanya) (4C : Creative thinking) 3. Guru memberi
bantuan kepada peserta didik jika mengalami kesulitan (Saintifik : Mengkomunikasikan) |
|
Tahap menguji hasil |
1. Peserta didik
menyiapkan hasil kerja
kelompok (Saintifik : Mengkomunikasikan) 2. Perwakilan
kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain (4C: Collaboration, and communication) (Saintifik : Mengkomunikasikan) 3. Guru membuka
kesempatan kepada Peserta
didik dari kelompok lain untuk memberikan masukan atau kritik
(Saintifik : menalar) 4. Guru menanggapi dan memotivasi keberanian peserta didik dalam
mempresentasikan hasil karyanya (Saintifik : Mengkomunikasikan) |
|
Tahap Evaluasi Pengalaman |
1. Peserta didik
menanggapi dan berpendapat mengenai hasil diskusi kepada kelompok yang sedang presentasi (Saintifik : Mengkomunikasikan) 2.
Guru meminta peserta
didik untuk memberikan penilaian terhadap presentasi kelompok lain (Saintifik : menalar) 3.
Peserta didik (audience) memberikan tanggapan dari hasil
kelompok yang melakukan presentasi (Saintifik : Mengkomunikasikan) 4.
Peserta didik dan guru mengevaluasi hasil
pekerjaan setiap kelompok dan mengaitkan dengan
pengalaman Peserta didik (Saintifik : Mengkomunikasikan) (4C
: Communication) 5. Guru melakukan penilaian kepada peserta
didik terkait dengan materi pembelajaran |
|
3.
Penutup |
Penutup 1. Peserta didik
dibimbing guru untuk
menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilakukan. (4C : Critical thinking & Communication) 2. Peserta
didik bersama guru melakukan refleksi terhadap proses kegiatan yang sudah
dilaksanakan (Saintifik : Mengkomunikasikan) 3.
Melakukan penilaian hasil
belajar 4.
Peserta didik bersama
guru berdo’a bersama
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran. (Religius) |
10 menit |
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1) Jenis,
Teknik dan Instrumen Penilaian
No Jenis Penilaian Teknik Instrumen Keterangan |
||||
1 |
Sikap |
Observasi, Penilaian Diri |
Jurnal sikap,
Jurnal Observasi, Lembar Penilaian Diri |
Terlampir |
2 |
Pengetahuan |
Tertulis |
LKPD Individu LKPD Kelompok |
Terlampir |
3 |
Keterampilan |
Pengamatan |
Rubrik Penilaian
Produk Rubrik Penilaian
Presentasi |
Terlampir |
2) Remedial dan Pengayaan
·
Remidial
Bagi
peserta didik yang belum menguasai materi, guru mengulangi kembali cara membaca
surat al Kautsar. Pelaksanaan remedial dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah
jam pulang.
·
Pengayaan
Dalam
kegiatan pengayaan peserta didik dapat
diajak mengunjungi tempat pengajian al-Qur’an
yang terdekat untuk menumbuhkan semangat membaca al-Qur’an. Membaca
surat al Kautsar disana dengan ekspresi lebih baik..
J.
LAMPIRAN
1.
Materi atau link materi (youtube)
2.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
3.
Instrumen penilaian
4.
Gambar-gambar media, alat, bahan
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
PAI BP
Suharto S.Pd Muhamad Khoerul Anam, S.Pd.I
NIP. 19660917 198702 1001 NIP.
...........
LAMPIRAN LAMPIRAN
Materi
1)
Materi Pembelajaran ; https://youtu.be/vj9WareSasU
2) Buku siswa
halaman ; 101 sampai 107
3) Buku
Elektronik ; https://fliphtml5.com/nijpa/xzpp
Surat Al-Kausar adalah surat yang ke-108 dalam al-Qur’an. Surat Al-Kausar terdiri atas 3 ayat.
Surat Al-Kausar diturunkan di kota Mekah, maka digolongkan surat Makkiyah.
Dinamai Al-Kausar
diambil dari kata yang terdapat pada ayat pertama surat. Al-Kausar artinya
nikmat yang banyak.
Pokok-pokok
isi surat Al-Kausar
adalah
sebagai berikut.
➢ Allah Swt.
telah melimpahkan nikmat yang
banyak.
➢ Perintah
dari Allah Swt. agar
kita mendirikan
salat dan berkurban.
➢ Nabi Muhammad saw. akan mempunyai pengikut yang banyak sampai hari kiamat.
Nabi Muhammad saw. akan
mempunyai nama yang baik di dunia dan di akhirat, tidak sebagaimana yang
dituduhkan pembenci-pembencinya.
Nama Sekolah : SD Negeri Beji 01
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : III (Tiga)/ II (Dua)
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Hari,
Tanggal : ............................................................................
Nama
Kelompok :
............................................................................
Nama
Anggota Kelompok : ............................................................................
Petunjuk:
1. Bacakan potongan
ayat 1 sampai 3 pada surat al-Kautsar !
2. Tunjukkan
ayat yang termasuk
surat al-Kautsar!
3. Kemukakan hasil diskusi kelompokmu
di depan kelas!
Jawaban:
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
Hari,
Tanggal :
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Nama Sekolah :
SD
Negeri BEJI 01
Kelas / Semester : III (tiga)/ II (sua)
Pelajaran Ke / Tema :
8. Ayo Belajar Surat
Al
Kautsar
B.
Menghafal Kalimat kalimat surat Al Kautsar
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah siswa
mengamati cara
guru
melafalkannya, Siswa
mampu membaca al Qur’an QS. Al Kautsar ayat 1 –
3 sesuai dengan tajwid al Qur’an yang
benar.
2.
Setelah proses pembelajaran, siswa
dapat
Menghafal al Qur’an QS.
AlKautsar ayat 1 –
3 sesuai dengan tajwid al Qur’an yang benar.
Langkah-Langkah
1.
Berdoalah sebelum mengerjakanlembar kerja
siswa ini.
2.
Baca soal dengan teliti dan hati-hati.
3.
Kerjakan terlebih dulu soal yang dianggap paling mudah.
4.
Berilah tanda
silang (x) pada huruf a, b,
c atau d dan untuk isian
jawabalah dengan benar !
5.
Jangan biarkan ada
jawaban kosong.
Pilihlah salah satu
jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x)
pada
soal di bawahini !
1.
Al-Kautsar artinya ...
a.
nikmat pemberian dari Allah
Swt
b.
nikmat
yang banyak
c.
nikmat yang
sedikit
d.
nikmat yang tidak pernah habis
2.
Surat al-Kautsar diturunkan dikota ....
a.
Mekah
b.
Madinah
c.
Kairo
d.
Palestina
3.
Ibadah yang diperintah oleh
Allah
dalam surat al-Kautsar yaitu….
a.
sholat dan berpuasa
b.
sholat dan
membayar zakat
c.
sholat dan
melaksanakan haji
d.
sholat dan
berqurban
4.
Di bawah ini merupakan surat al-Kautsar ayat . . .
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
5.
“Selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan” Termasuk. .. belajar surat al-kautsar
a.
Ayat
b.
Hikmah
c.
Bagian
d.
Kandungan
Kerjakan soal berikut dengan tepat!
1. Inna a’taina ....
2. Fa
salli ....
3. Surat al Kautsar terdiri dari berapa ayat ....
4. Surat al Kautsar urutan ke berapa di dalam al Qur’an ...
5.
Surat al Kautsar termasuk
golongan surat ....
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik
sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum.
Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut instrumen penilaiannya.
Penilaian Sikap
Spiritual
Nama Satuan Pendidikan : SD
NEGERI BEJI 01
Kelas / Semester : III (tiga)/ II (Dua)
Tahun
Pelajaran : 2022/2023
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Sikap
Spiritual
( KI 1 ) |
Sikap
Sosial ( KI 2) |
1. Ketaatan beribadah 2. Berperilaku syukur 3.
Berdoa sebelum dan sesudahmelakukan kegiatan 4. Toleransi dalam beribadah |
1. Jujur 2. Disiplin 3. Tanggung Jawab 4. Santun 5. Peduli 6. Percaya diri |
No |
Waktu |
Nama |
Kejadian/Perilaku |
Butir sikap |
Positif/Negatif |
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Sikap Sosial
Nama Satuan Pendidikan : SD
NEGERI BEJI 01
Kelas / Semester : III (tiga)/ II (Dua)
Tahun
Pelajaran : 2022/2023
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
AJI KURNIA RACHMAN |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
ALMIRA ARLIN ZESYKA |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
AQILA IZZATI KURNIA |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
AQILA PUTRI INAYAH |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
ARIQA SALSABILA QAIREEN |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
ARYA DZULQOHAD QAIREEN |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
BILQIS AFRILIA SYAFAAH |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
DINDA SAFITRI |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
GARNETA BINTANG WIJAYANTI |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
IBRAHIM HAYFA AL FATHAN |
|
|
|
|
|
|
|
11 |
ISSA ZAKYY ADAM |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
JONATHAN SAKTIAWAN SINAGA |
|
|
|
|
|
|
|
13 |
KHUMAIRA HAURA QONITA |
|
|
|
|
|
|
|
14 |
MUHAMMAD NANDA OKTA R. |
|
|
|
|
|
|
|
15 |
PUTRI SALSABILA |
|
|
|
|
|
|
|
16 |
RISKI ALDYAH |
|
|
|
|
|
|
|
17 |
WIDYAHAYU HUTRIANA P. |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 Sangat Baik 75 Baik 50 Cukup 25
Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria : 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 : Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 : Baik (B)
25,01 – 50,00 : Cukup (C)
00,00 – 25,00 :
Kurang (K)
Penilaian Sikap Pengetahuan
Nama Satuan Pendidikan : SD
NEGERI BEJI 01
Kelas / Semester : III (tiga)/ II (Dua)
Tahun
Pelajaran : 2022/2023
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator soal |
Level Kognitif |
No. Soal |
Bentuk Soal |
1. |
3.1 Memahami makna Q.S. an- Nasr
dan al- Kautsar |
Ayo Belajar Surat Al- Kautsar |
disajikan soal,
siswa mampu menjelaskan arti al-Kautsar |
C1 |
Soal No 1 |
PG |
disajikan soal,
siswa
mampu menjelaskan di mana surat al-
Kautsar diturunkan |
C1 |
Soal
No 2 |
PG |
|||
Disajikan
soal, siswa mampu menganalisis hal-hal yang dibahas dalam
al-Kautsar |
C4 |
Soal
no
3 |
PG |
|||
Disajikan
soal siswa mampu menyeleksi
Hafalan surat Al- Kautsar |
C4 |
Soal
no
4 |
PG |
|||
Siswa
mampu menjelaskan Hikmah
belajar surat al-Kautsar |
C2 |
Soal
no 5 |
PG |
Kisi-Kisi Tes Tulis
Soal
Latihan
Pilihlah salah satu
jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (x)
pada
soal di bawahini !
1.
Al-Kautsar artinya ...
a.
nikmat pemberian dari Allah
Swt
b.
nikmat
yang banyak
c.
nikmat yang
sedikit
d.
nikmat yang tidak pernah habis
2.
Surat al-Kautsar diturunkan dikota ....
a.
Mekah
b.
Madinah
c.
Kairo
d.
Palestina
3.
Ibadah yang diperintah oleh
Allah
dalam surat al-Kautsar yaitu….
a.
sholat dan berpuasa
b.
sholat dan
membayar zakat
c.
sholat dan
melaksanakan haji
d.
sholat dan
berqurban
4.
Di bawah ini merupakan surat al-Kautsar ayat . . .
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
5.
“Selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan” Termasuk. .. belajar surat al-kautsar
a.
Ayat
b.
Hikmah
c.
Bagian
d.
Kandungan
Kunci Jawaban :
1. B. Nikmat yang banyak.
2. A.
Mekah
3. C. Sholat dan Berqurban
4. B. 2
5. B. Hikmah
Skor
Penilaian:
Jika peserta didik menjawab benar maka diberi nilai 1
Jika menjawab
salah
diberi nilai 0
Nilai :(Skor perolehan/Skor
maksimal) x 100
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Level
Kognitif |
No.
Soal |
Bentuk
Soal |
1 |
3. Memahami
makna Q.S. an-Nasr dan al-Kaustar |
Ayo
Belajar Surat Al-Kaustar |
Siswa
disajikan arti dari salah satu ayat al-Kaustar dan siswa menulis ayat yang
sesuai dengan arti tersebut |
C3 |
1 |
Uraian |
2 |
4. Menulis kalimat-kalimat Q.S.
an-Nasr dan al-Kaustar |
Ayo
Belajar Surat Al-Kaustar |
Siswa
disajikan salah satu ayat al-Kaustar dan siswa menulis ayat yang sesuai
dengan arti tersebut |
C4 |
10 |
Uraian |
no |
Indikator Soal |
Instrumen
Penilaian |
1 |
Memperkirakan Q.S. Al Kautsar |
10 |
2 |
Menerangkan
makna Q.S. Al Kautsar |
10 |
3 |
Menemukankan
turunnya Q.S. Al Kautsar |
10 |
4 |
Memisahkan ayat
ayat Q.S. Al Kautsar |
10 |
5 |
Menguraikan Q.S. al-Kausar ayat 1-3 |
10 |
6 |
Mengaitkan kalimat dalam Q.S. al-Kausar aya 1-3 |
10 |
7 |
Menemukankan arti kalimat
dalam Q.S. al-Kautsar |
10 |
8 |
Mengaitkan arti al-Kausar |
10 |
9 |
Menghafal jumlat ayat Q.S. al-Kausar |
10 |
10 |
Mendiagnosis makna turunnya Q.S. al-Kausar |
10 |
Penilaian Pengetahuan
Jawabalah pertanyaan dibawah ini
dengan singkat dan benar ! Kunci Jawaban
1. Al
Kautsar artinya nikmat yang … . Banyak
2. Surat
Al Kautsar turun di … . Makkah
3. Surah
Al Kautsar terdiri dari … ayat. 3
4. Inna
syaaniaka huwal … . abtar
5. Maka
dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan … . Berkubanlah
6. Bila
mendapat nikmat dari Allah kita wajib … . Al Adiyat
7. Surat
Al Kautsar turun sesudah surah … . Bersyukur
8. Tuntunan pelaksanaan ibadah qurban pertama kali
dilakukan oleh Nabi … . Ibrahim As
9. Fashalli
lirabbika … . wanhar
10. Surah
Al Kautsar diturunkan sebagai penghibur hati Nabi … Muhammad Saw
Penskoran : Skor setiap soal = 10
No |
Tanggal |
Nama
|
Catatan
Perilaku |
Butir
sikap |
Tindak
Lanjut |
1 |
1/12 |
AJI KURNIA RACHMAN |
Selalu mengucap
bismillah dan alhamdulillah ketika sebelum dan sesudah kegiatan |
Berprilaku
syukur |
Di
apresiasi |
2 |
4/12 |
ALMIRA ARLIN ZESYKA |
Selalu awal
waktu ketika melaksanakan shalat |
Ketaatan
beribadah |
Di
apresiasi |
3 |
7/12 |
AQILA IZZATI KURNIA |
Selalu
bersedia memimpin doa bersama ketika di awal pembelajaran |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegitan |
Di
apresiasi |
4 |
10/12 |
AQILA PUTRI INAYAH |
Sering
berbagi dengan teman yang berbeda agama |
Toleransi
dalam beribadah |
Di
apresiasi |
5 |
10/12 |
ARIQA SALSABILA QAIREEN |
Selalu
mengajak teman-temannya untuk shalat berjamaah |
Ketaatan
beribadah |
Di
apresiasi |
No |
Tanggal |
Nama |
Catatan Perilaku |
Butir sikap |
Tindak Lanjut |
1 |
1/12 |
ARYA DZULQOHAD QAIREEN |
Banyak
alasan ketika tidak mengerjakan tugas rumah |
jujur |
Diberi
nasehat dan dikasih tugas tambahan |
2 |
4/12 |
BILQIS AFRILIA SYAFAAH |
Berani
membaca surat al-Kaustar di depan audien tanpa dintunjuk |
Percaya
diri |
Di
apresiasi |
3 |
7/12 |
DINDA SAFITRI |
Memberikan
pinjaman kepada teman tanpa dimintai pertolongan |
Peduli |
Di
apresiasi |
4 |
10/12 |
GARNETA BINTANG WIJAYANTI |
Mengajak
ngobrol teannya ketika diterangkan |
Santun |
Diberi
peringatan |
5 |
10/12 |
IBRAHIM HAYFA AL FATHAN |
Melaksanakan
amanah menjadi ketua kelas |
Tanggung
jawab |
Di
apresiasi |
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Level
Kognitif |
No.
Soal |
Bentuk
Soal |
1 |
3.1
Memahami makna Q.S. an-Nasr dan al-Kaustar |
Ayo
Belajar Surat Al-Kaustar |
Siswa
disajikan arti dari salah satu ayat al-Kaustar dan siswa menulis ayat yang
sesuai dengan arti tersebut |
C3 |
1 |
Uraian |
Butir soal:
1. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai
ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah? Ayat yang sesuai dengan terjemahan
di samping adalah?
a.
اِنّا اَعْىطَيْنَكَ الْكَوْثَر c. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَر
b.
اِنَّ شّانِئَكَ هُوَالْاَبْتَر d. أَعْطَيْنكَ Kunci jawaban: C
Penilaian Sikap Ketrampilan
Nama Satuan Pendidikan : SD
NEGERI BEJI 01
Kelas / Semester : III (tiga)/ II (Dua)
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Nama peserta didik : ……………………..
No Presensi : ……………………..
No. |
Aspek
pengukuran |
Skor
Maksimum |
1. |
Kelancaran
membaca dan menghafal (4=sangat
lancar, 3=lancar, 2=cukup, 1=kurang). |
4 |
2. |
Kebenaran
makhraj (4=sangat
baik, 3=baik, 2=cukup, 1=kurang). |
4 |
3. |
Kefasihan (4=sangat
fasih, 3=fasih, 2=cukup, 1=kurang). |
4 |
4. |
Adab (4=sangat
baik, 3=baik, 2=cukup, 1=kurang). |
4 |
Skor Maksimum |
16 |
Nilai akhir = Nilai perolehan :
16x100
Nilai
Keterampilan
Tugas
Kelompok (Membuat Kaligrafi Surat al-Kaustar)
Nama
Kelompok : (Nama-Nama
Surga)
Nama
Anggota Kelompok :
Mata
Pelajaran : PAI
Tahun
Pelajaran : 2022/2023
Kompetensi
Dasar :
Membaca, Menulis dan Menghafalkan
kalimat-kalimat dalam Q.S
al-Kaustar dengan benar
No |
Aspek |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Proses Pembuatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hasil/Produk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskripsi:
Dalam
menulis kalimat dalam surat al-Kaustar, dari segi perencanaan baik sekali,
namun dari segi hasil dan estetika masih memerlukan usaha bimbingan lebih
lanjut
Atau
bisa dengan cara:
Nilai
Proyek= Skor perolehan x100
Skor Maksimal
Contoh
Kaligrafi:
Pekerjaan Rumah
Nama Satuan Pendidikan : SD
NEGERI BEJI 01
Kelas / Semester : III (tiga)/ II (Dua)
Tahun
Pelajaran : 2022/2023
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pada rubrik “Belajar di Rumah”, peserta didik melaksanakan kegiatan membaca surat al-Kausar bersama orangtua. Kemudian berilah tanda centang (√) pada
kolom keterangan. Hasil pekerjaan itu disetujui orangtua dengan bukti
tanda tangan orangtua. Kemudian hasil pekerjaannya diserahkan kepada guru di
sekolah.
No |
Uraian |
Keterangan |
|||
Benar dan Lancar |
Benar tetapi kurang Lancar |
Lancar tetapi kurang benar |
kurang benar dan kurang lancar |
||
1 |
Hafalan surat al-Kausar ayat
1 |
|
|
|
|
2 |
Hafalan surat al-Kausar ayat
2 |
|
|
|
|
3 |
Hafalan surat al-Kausar ayat
3 |
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment